ruang tamu minimalis eleganruang tamu minimalis elegan

Tren desain interior rumah setiap tahunnya terus mengalami perkembangan. Salah satu yang sedang trend saat ini yaitu desain ruang tamu minimalis elegan yang dapat meningkatkan nilai estetika ruang tamu Anda menjadi lebih cantik.

Di sisi lain, desain minimalis dan elegan merupakan desain yang paling banyak disukai karena selain sederhana, juga tampak mewah. Untuk Anda yang ingin mengubah ruang tamu menjadi bentuk yang minimalis dan elegan, berikut kami paparkan tipsnya di bawah ini.

1.  Pastikan Semua Berfungsi dengan Baik

Apapun yang akan Anda taruh di ruang tamu harus memiliki fungsi. Jangan pernah menaruh barang di ruang tamu yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Karena konsep ruangan minimalis, semua barang yang Anda taruh di sana harus memiliki fungsi atau fungsional.

Selain itu, Anda juga harus memilih tipe barang yang multifungsi agar menghemat ruangan. Karena prinsip ruang tamu minimalis adalah less is more.

Contohnya, Anda menyimpan beberapa kursi di ruang tamu namun yang terpakai hanya beberapa saja. Maka sebaiknya singkirkan kursi-kursi yang tidak terpakai untuk mengoptimalkan ruangan.

2.  Memilih Jenis Warna Monokrom

Ada banyak pilihan warna untuk ruang tamu Anda. Namun, untuk ruang tamu minimalis, pastikan hanya memilih jenis warna monokrom saja. Monokrom adalah warna yang tepat karena ruang tamu minimalis tidak mengedepankan fungsi dari estetika sebuah ruangan.

Warna monokrom juga biasanya sangat cocok untuk ruang tamu yang mengedepankan kenyamanan. Beberapa di antaranya seperti warna abu-abu atau putih. Dua warna tersebut juga sangat identik dengan warna ruangan modern atau kekinian.

3.  Menggunakan Jenis Furniture Bertema Natural

Anda juga bisa menggabungkan konsep modernisasi dengan natural. Caranya yaitu dengan menggunakan furniture yang memiliki unsur alam. Beberapa contoh furniture yang kami maksud di antaranya seperti meja kayu.

Selanjutnya silahkan tambahkan juga beberapa aksesoris lain seperti vas bunga dari akar bambu, atau sejenisnya. Vas bunga dengan konsep natural akan mengubah tampilan ruang tamu Anda menjadi lebih natural dan juga elegan.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias yang ukuran kecil. Tujuan dari tanaman hias ini yaitu untuk mengurangi kesan monoton. Pastikan Anda hanya memilih yang ukurannya kecil saja, pasalnya ukuran yang terlalu besar justru akan mengurangi kesan minimalis.

4.  Menggunakan Konsep Ruang Terbuka

Perlu Anda ketahui, ruang terbuka yang menjadi konsep suatu ruang tamu akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih lapang. Contohnya yaitu dengan memanfaatkan salah satu sudut untuk menaruh meja, barang-barang, atau kursi.

Anda juga bisa menambah karpet berwarna abu-abu untuk menambah kesan minimalis dan juga lapang pada ruang tamu. Selain itu, karpet juga bisa digunakan oleh tamu untuk lesehan.  

5.  Memaksimalkan Ruang Tamu

Pada dasarnya, konsep ruang tamu minimalis modern hadir karena keterbatasan ruang. Berangkat dari konsep tersebut, maka dibuatlah sebuah konsep dimana setiap ruang yang kosong bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang fungsional.

Maka dari itu, manfaatkan dan memaksimalkan ruangan tamu Anda. Pastikan tidak ada ruang-ruang yang terlihat tidak berfungsi. Namun tetap Anda harus memperhatikan pemilihan barang yang benar-benar fungsional saja.  

Tips di atas sedikit banyaknya akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait cara untuk mengaplikasikan desain ruang tamu minimalis elegan. Untuk informasi yang lebih lengkap Anda bisa langsung mengunjungi website Master Rumah karena di situs tersebut ada banyak rekomendasi dan tips bermanfaat seputar desain interior rumah.

By Bisnis