Kartu ATMKartu ATM

Perkembangan zaman membuat semakin banyak kemudahan tercipta dalam kehidupan manusia. Termasuk dalam hal kebutuhan akan transaksi, sekarang ini semakin mudah dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Kartu ATM  adalah salah satunya yang saat ini umum dimiliki hampir semua orang. Dengan kartu tersebut, penggunanya dapat memanfaatkan untuk berbagai keperluan pembayaran. 

Untuk mendapatkan kartu tersebut, pengguna harus terlebih dahulu membuka rekening bank. Kemudian, pengguna berhak meminta untuk dibuatkan kartu tersebut guna digunakan untuk transaksi di luar bank. Bukan rahasia lagi, bahwa memiliki kartu tersebut menjadikan semua kebutuhan jadi lebih mudah terpenuhi. Seperti ulasan berikut ini yang menerangkan bahwa kartu tersebut menawarkan banyak manfaat untuk setiap penggunanya.

  1. Bebas Bunga dan Denda

Keuntungan pertama dari penggunaan kartu debit berupa ATM adalah tidak akan dikenakan bunga dari pembelanjaan maupun sisa tagihan yang belum terbayar. Ketika pengguna menggesek kartu debit dan digunakan untuk alat transaksi, maka saldo rekening tabungan akan otomatis terpotong untuk membayar belanjaan tersebut. Oleh karena itu, tidak akan ada tagihan yang tersisa. Uniknya lagi, biaya administrasi bulanan atau tahunan kartu debit biasanya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya administrasi tahunan kartu kredit. 

Kartu ATM
  1. Keamanan Terjamin 

Menggunakan kartu debit tentunya akan lebih aman daripada harus membawa uang tunai dalam jumlah yang tak sedikit. Saat pengguna ingin berbelanja dalam jumlah banyak, pengguna tinggal memasukkan uang ke rekening tabungan sejumlah yang diinginkan. Kemudian bisa langsung menuju tempat berbelanja hanya dengan berbekal kartu debit. Dengan hal tersebut, pengguna pun juga bisa meminimalisir adanya perampokan sebab tidak terlihat jika sedang membawa uang dengan jumlah banyak. 

  1. Lebih Praktis

Selain bebas dari bunga dan lebih aman, penggunaan kartu ATM juga memberikan keuntungan lain berupa kepraktisan. Jika akan mengambil uang dari rekening tabungan, pengguna tidak perlu lagi datang ke bank dan mengantri cukup lama. Saat ini pengguna hanya tinggal datang ke ATM yang sudah tersedia di manapun, lalu mengambil uang melalui ATM tersebut. Tidak hanya digunakan untuk mengambil uang, kartu debit juga bisa dipakai untuk melakukan setoran uang ke rekening tabungan melalui ATM yang sudah menyediakan fitur setor tunai. 

  1. Bebas Cicilan Bulanan

Umumnya tujuan seseorang menggunakan kartu kredit ialah untuk mengambil cicilan. Kemudian setiap bulannya nasabah akan mendapat tagihan cicilan yang harus dibayar. Berbeda dengan kartu kredit, penggunaan kartu debet tentunya akan terbebas dari segala macam cicilan tersebut. Karena prinsip penggunaan kartu debet berdasarkan jumlah uang yang ditabung. Sebagai alat transaksi, kartu debit biasanya digunakan langsung untuk membayar lunas belanjaan tanpa adanya cicilan. 

  1. Sebagai Tabungan yang Lebih Fleksibel

Kartu debit akan didapatkan saat nasabah membuka rekening tabungan di bank yang menyediakan kartu debit seperti Bank Sinarmas. Fungsinya pun sama seperti rekening tabungan yang bisa dibawa kemanapun, namun bisa dikatakan kartu debit lebih fleksibel. Kartu debit dapat digunakan untuk menarik uang tabungan di mesin ATM. Agar lebih mudah saat digunakan berbelanja, pengguna bisa langsung menggesek kartu debit di mesin EDC yang biasanya tersedia di toko, restoran, atau merchant lainnya. 

Dengan adanya kartu ATM, kegiatan bertransaksi pun semakin mudah. Terlebih lagi jika bertransaksi dengan jumlah uang yang tak sedikit. Sinarmas sebagai bank terbaik kini menyediakan kartu debit berlogo GPN yang dilengkapi dengan teknologi chip sehingga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi menggunakan PIN 6 digit. 

By Bisnis