digital advertising

Perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin maju dan terus memperlihatkan berbagai penemuan baru yang mendukung kemudahan hidup manusia. Perkembangan itu juga berdampak pada semua aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang bisnis. Tidak lagi dengan cara-cara lama, bisnis sekarang bisa dikembangkan dengan proses yang lebih canggih. Salah satu contohnya yaitu dengan menerapkan digital advertising.

Iklan digital sangat mudah ditemukan di keseharian masyarakat yang menggunakan internet. Tidak jarang iklan digital ini muncul dari brand yang sama di beberapa platform yang berbeda. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena kemunculan iklan digital biasanya memang sesuai dengan minat dan kecenderungan pengguna internet. Seperti inilah jenis-jenis iklan digital beserta penjelasannya secara lengkap.

digital advertising
digital advertising
  1. Search Engine Marketing

Iklan PPC atau pay per click termasuk dalam jenis digital advertising yang satu ini. Search engine marketing memungkinkan pengiklan membuat iklan sendiri, mulai dari menetapkan budget sampai melihat hasil iklan yang berjalan. Iklan ini bukan muncul begitu saja melainkan karena adanya rekaman jejak pencarian oleh pengguna internet. Iklan ini juga sangat potensial karena begitu pahamnya mengenali kebutuhan pengguna internet.

Melihat dari cara kerja mesin pencari di internet, iklan yang muncul bisa dikatakan mendekati sasaran yang tepat. Dengan begitu, maka peluang terjadinya penjualan pun meningkat karena pengguna terbukti membutuhkan produk atau layanan tersebut. Sayangnya memang iklan ini tidak akan terlihat pada pengguna internet yang sama sekali belum pernah tahu produk atau layanan Anda.

  1. Display Ads

Display ads atau iklan bergambar merupakan jenis lain dari digital advertising yang paling efektif. Pengguna yang melihat iklan ini seringkali karena hanya sedang melihat situs tertentu dan kebetulan menemukan display ads. Dengan kata lain, iklan gambar ini tidak muncul karena melihat kebutuhan pengguna internet. Iklan jenis ini bahkan bisa muncul pada pengguna internet yang sama sekali belum tahu akan produk tersebut.

  1. Google Shopping Ads

Adanya Google Shopping Ads berhasil menjadi media pemasaran yang sangat efektif. Produk atau layanan pada Google Shopping Ads telah disiapkan dengan penambahan informasi spesifikasi produk hingga harganya. Pebisnis bisa memanfaatkan tipe iklan digital yang satu ini apabila usahanya berskala besar. Apabila usaha masih mulai dirintis dan belum memperoleh hasil, maka Google Shopping Ads tidak disarankan.

  1. Social Media Advertising

Penerapan digital advertising dalam bisnis modern saat ini tentu akan selalu dihubungkan dengan adanya platform media sosial. Bukan tanpa alasan, media sosial menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai latar belakang dan kebutuhan. Ada banyak platform media sosial yang bisa dicoba untuk memperkenalkan bisnis, mulai dari Facebook dan Instagram dengan semua fitur yang dimiliki. Konten untuk media sosial pun sekarang bisa dikreasikan sesuai kebutuhan.

  1. Video Marketing

Selain social media marketing, promosi dengan media video juga dianggap lebih efektif. Tingkat keberhasilan yang terlihat merupakan bukti bahwa video marketing sangat bisa diandalkan untuk menghasilkan konten promosi. Menariknya lagi, video marketing zaman sekarang lebih menarik dari segi tampilan seperti penambahan musik. Tidak harus langsung digunakan untuk mempromosikan produk, video juga berguna untuk memberikan edukasi kepada calon pembeli. Saat ini, video mendominasi periklanan digital di Indonesia. 

Digital advertising yang sekarang menjadi kepentingan semua pebisnis memiliki banyak tipe. Tipe yang ada berdasarkan pada jenis iklan dengan cara penggunaan masing-masing. Untuk memaksimalkan semuanya, Anda bisa mempercayakannya pada Ideoworks sebagai jasa agensi periklanan digital terpercaya.

By Bisnis