berat badan idealberat badan ideal

Berat badan hewan peliharan seperti anjing sangat penting untuk diperhatikan. Karena berat badan ideal merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda.  Di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda alasan kenapa menjaga berat badan yang ideal pada anjing kesayangan Anda sangat penting untuk diperhatikan.

Tips Mengetahui Berat Badan Anjing Peliharaan

Perlu Anda ketahui, bahwa pada dasarnya anjing memiliki perbedaan dalam hal berat badan yang ideal. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu rumus untuk mengetahui berat badan yang ideal.

Pertama-tama, ada tiga hal yang penting untuk mengetahui berat badan anjing peliharaan Anda. Tiga hal tersebut yaitu usia, ras dan juga kelamin. Tiga hal tersebut adalah yang menentukan berapa berat badan yang ideal hewan kesayangan Anda.

Setelah Anda mengetahui berat badan yang ideal sesuai dengan tiga hal tersebut, Anda tidak akan sulit untuk menjaga berat badannya.

berat badan ideal
berat badan ideal

Cek Berat Badan Anjing Peliharaan Secara Rutin

Obesitas maupun kekurangan berat badan dapat mengganggu kesehatan anjing kesayangan Anda. Maka dari itu, cek berat badan hewan peliharaan Anda secara berkala, setiap hari atau maksimal satu minggu sekali.

Cara mengecek berat badannya bisa dengan cara menimbangnya. Selain itu Anda juga bisa merabanya pada bagian tulang rusuknya. Jika tulang rusuknya masih bisa Anda raba, berarti masih aman. Sedangkan untuk anjing yang tulang rusuknya sudah tidak bisa disentuh maka bisa dikategorikan obesitas.

Di sisi lain, jika tulang rusuk anjing sudah sangat terlihat dengan jelas, maka bisa menjadi pertanda bahwa berat badannya sedang mengalami penurunan.

Tips Menjaga Berat Badan Anjing Peliharaan

Tidak sulit untuk menjaga berat badan anjing. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih makanan yang tepat, salah satunya seperti Royal Canin. Selain itu, tentukan jadwalnya dan tidak boleh melebihi batas takaran makannya.

Di sisi lain, ajaklah anjing Anda untuk pergi keluar rumah. Selain bagus untuk berat badan, mengajak mereka jalan-jalan juga bagus untuk menjaga mood hewan peliharaan Anda.

Itulah informasi seputar pentingnya menjaga berat badan ideal untuk hewan peliharaan Anda, khususnya anjing.

By Bisnis