cincin nikahcincin nikah

Untuk membuat cincin nikah bisa dilakukan dengan berbagai jenis bahan dasar. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan bersama dengan pasangan. Bahan dasar untuk membuat cincin pernikahan, antara lain perak, platinum, palladium, dan juga emas yang tetap menjadi bahan dasar favorit.

Tapi sebaiknya cincin nikah yang sudah melekat pada jari Anda juga harus dijaga dan dirawat dengan baik, sebab kalau tidak cincin bisa menjadi kusam dan tidak mampu untuk bertahan lama.

Tips Merawat Cincin Nikah

Untuk menjaga dan merawat cincin pernikahan sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, yang paling penting adalah konsisten untuk membersihkan cincin kawin yang Anda miliki walau dipakai setiap hari.

Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat cincin nikah agar tetap cantik dan terjaga keindahannya yang bisa Anda praktekkan secara rutin, antara lain:

cincin nikah
cincin nikah

Melepas Cincin Saat Melakukan Kegiatan Tertentu

Agar ketahanan cincin tetap terjaga maka Anda bisa mengawalinya dengan kebiasaan sederhana yakni dengan melepasnya saat melakukan beberapa kegiatan yang berat. 

Tujuannya pun tidak lain adalah untuk menghindari cincin dari kotoran bahkan goresan saat Anda berkegiatan. Simpan cincin ditempat yang aman dan pakai kembali apabila sudah selesai mengerjakan aktivitas rutin Anda.

Rutin Membersihkan

Langkah kedua adalah dengan rutin membersihkan cincin pernikahan Anda. Tidak harus pergi ke toko perhiasan, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. 

Adapun cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun kemudian rendam cincin tersebut sambil diusap perlahan. Setelah itu keringkan dengan lap berbahan lembut agar cincin tidak tergores.

Menyiapkan Kotak Penyimpanan Khusus

Apabila cincin sudah tidak lagi dipakai, sebaiknya letakkan cincin di kotak penyimpanan khusus. Kalau tidak ada kotak untuk menyimpan cincin, Anda bisa menggunakan kantong anti noda yang sudah diisi dengan kain halus untuk dijadikan sebagai tempat menyimpan cincin pernikahan Anda dan pasangan.

 Asuransi

Tidak ada salahnya untuk mengasuransikan cincin kawin guna terhindar dari beberapa risiko yang tidak diinginkan. Dengan mengasuransikan cincin kawin, Anda tidak hanya menjaga nilainya saja tapi juga kondisi fisik dari cincin tersebut dari mobilitas yang tinggi dan kegiatan ekstrim.

Jauhkan dari Paparan Bahan Kimia Keras

Tips yang terakhir adalah menjauhkan cincin dari paparan bahan kimia keras yang umumnya ditemukan pada produk pembersih rumah. Oleh sebab itu sangat disarankan sekali untuk melepas cincin saat Anda membersihkan rumah agar kilauannya tidak rusak. 

Selain itu juga saat Anda atau pasangan sedang berenang juga harus dilepaskan sebab kandungan bahan kimia pada air kolam berpotensi merusak cincin.

Bersihkan Cincin ke Tempat Profesional

Agar keindahan cincin kawin Anda tidak hilang, selain rutin merawatnya sendiri di rumah tidak ada salahnya kalau membersihkannya di tempat profesional agar kotoran pada cincin dapat dibersihkan secara menyeluruh dari kotoran yang tidak terlihat.

Salah satu toko perhiasan yang bisa Anda datangi untuk membersihkan cincin kawin adalah The Palace. Anda bisa menghilangkan goresan, polish, engraving, sampai dengan resizing produk cincin. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat dan menjaga keindahan cincin kawin dengan langkah yang mudah. Pastikan Anda membeli cincin nikah hanya di The Palace, salah satu toko perhiasan berlian yang sudah terkenal dan juga sudah terpercaya oleh ribuan pemakai setianya. Semoga ulasan yang sudah kami berikan di atas bermanfaat yah!

By Bisnis