anting emas simpleanting emas simple

Anting emas merupakan salah satu jenis perhiasan yang bisa membuat penampilan Anda menawan. Apalagi sekarang semakin banyak model anting emas simple yang ada di pasaran seperti stud earrings, hoop earrings, dangle earrings, dan lain sebagainya. Ketika berniat membeli anting, Anda mungkin akan menemukan harga yang beragam, padahal modelnya terlihat mirip. 

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang berpengaruh pada harga anting emas. Langsung saja, berikut ini adalah lima faktor yang perlu Anda pahami:

Jenis Emas

Ada tiga jenis emas paling populer untuk anting simple. Setiap jenis emas biasanya memiliki harga per gram yang berbeda-beda. Berikut ini tiga pilihan jenis emasnya:

  • Emas kuning

Emas paling umum yang dipakai untuk anting adalah emas kuning. Pasalnya warna emas murni juga kekuningan. Agar tidak lunak, emas kuning dicampur dengan logam seperti seng, tembaga, dan perak.

  • Emas putih

Emas putih atau white gold paling populer untuk anting simple karena warnanya yang elegan. Warna putih dari emas ini berasal dari campuran logam putih seperti palladium, platinum, dan perak. 

  • Rose gold

Rose gold memiliki warna kemerahan yang sangat cantik. Warna tersebut hasil percampuran antara emas murni dengan perak dan tembaga. Semakin banyak campurannya, maka warnanya akan semakin merah.

Kadar Emas

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada harga anting emas simple dan kualitasnya adalah kadar emas. Kadar emas ditunjukkan dalam satuan karat. Emas murni memiliki kadar karat 100% atau 24K. Namun karena terlalu lunak, emas murni tidak bisa dipakai untuk membuat anting. Kadar emas terbaik untuk membuat anting adalah 75% atau 18K. Jika di bawah itu, kualitasnya kurang namun harganya lebih murah.

Desain Anting

Ada banyak sekali model anting emas yang bisa Anda temukan di pasaran. Semakin rumit desain anting, maka harganya semakin tinggi karena proses pembuatannya yang lama. Anting simple biasanya lebih murah karena desainnya yang sederhana.

anting emas simple
anting emas simple

Batu Permata Penghias

Ada beberapa batu permata penghias anting simple yang populer. Harga dan kualitasnya berbeda-beda sehingga harus dipilih dengan baik. Empat batu permata paling populer untuk anting emas yaitu:

  • Berlian

Berlian merupakan batu permata paling populer untuk anting emas simple. Beberapa kelebihannya yaitu tingkat kekerasan 10 Mohs, warnanya cantik, dan mudah ditemukan.

  • Rubi

Warna merah dari rubi memiliki kecantikan tersendiri yang disukai banyak wanita. Tidak seperti berlian, rubi memiliki tingkat kekerasan lebih rendah yaitu 9 Mohs.

  • Safir

Safir merupakan batu permata yang sama seperti rubi yaitu mineral korundum dengan kekerasan 9 Mohs. Meskipun yang paling populer berwarna biru, namun ada warna safir lain yang beredar di pasaran.

  • Zamrud

Batu permata populer terakhir untuk anting emas adalah zamrud. Tingkat kekerasan 7.5-8 Mohs tidak membuat zamrud dilupakan. Warna hijaunya mampu menarik minat banyak wanita. 

Berat Anting

Faktor terakhir yang berpengaruh pada harga anting emas adalah berat anting. Ukuran berat anting dalam satuan gram. Semakin berat, otomatis akan semakin mahal. Namun Anda tidak perlu membeli anting yang terlalu berat agar tidak membebani telinga. Apalagi jika ingin dipakai untuk aktivitas sehari-hari. 

Itulah lima faktor utama yang berpengaruh pada harga anting emas. Ingin mendapatkan anting emas simple dengan harga lebih terjangkau? Mondial Jeweler menawarkan banyak pilihan. Ada anting berhiaskan berlian dan batu permata lain seperti ruby dan sapphire. Kunjungi website atau akun Instagram dari Mondial Jeweler untuk melihat semua koleksinya.