Mengapa Mesti Ganti Oli Motor?Mengapa Mesti Ganti Oli Motor?

Oli motor merupakan salah satu bagian terpenting untuk menunjang kinerja motor. Selain itu juga menjadi parameter kondisi motor. Tidak hanya sebagai pelumas agar mesin lebih enteng dan tanpa gangguan, pelumas juga berfungsi mencegah terjadinya gesekan  atau benturan antar logam dengan logam pada komponen motor.

Pada dasarnya beberapa jenis oli motor dan fungsinya adalah sama. Yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu penggantian dan jenis motor yang digunakan. Hal ini dikarenakan spesifikasi motor berbeda-beda. Sesama motor matic pun berbeda komponennya. Tingkat penggunaan motor tiap orang pun berbeda. Semakin sering digunakan, maka wajib hukumnya untuk lebih sering mengganti oli.

Motor yang jarang mengganti oli akan mengakibatkan beberapa gangguan seperti mudah aus, mesin menjadi cepat kotor, kebocoran pada kompresi dan mudah panas. Pemilihan pelumas yang tepat juga penting. Sangat di sarankan agar dapat melakukan pengecekan dan konsultasi mengenai jenis pelumas yang tepat untuk kendaraan Anda. Umumnya penggantian pelumas sekitar dua bulan sekali, namun jika pemakaiannya sangat sering maka disarankan untuk menggantinya sebulan sekali. Tentu hal ini berpengaruh pada tarikan mesin.  

Mengapa Mesti Ganti Oli Motor?

Top 1 memiliki varian oli yang beragam. Ada yang merupakan 100% Synthetic Oil, Synthetic Technology dan ada juga jenis Synthetic Blend. Tidak hanya berdasarkan jenis motor, pemilihan oli juga dipengaruhi oleh tahun produksi kendaraan. Ini sangat berkaitan dengan tingkat viskositas. Viskositas atau yang biasa dikenal dengan tingkat kekentalan  biasanya dipengaruhi oleh iklim setempat. Indonesia, misalnya, menggunakan kode SAE yang agak lebih tinggi yaitu berkisar 10-15W sebab memiliki iklim tropis.

Faktanya, pemilihan oli motor yang tepat dapat memperpanjang usia kendaraan Anda. Motor jadi lebih bersih dan tidak cepat aus. Pelumas Top 1 memiliki keunggulan sebagai pelumas yang tidak di ragukan lagi sebab sudah menyesuaikan dengan standarisasi oleh JASA MA dan MB. Di Indonesia, Top 1 menjadi pilihan sebagai pelumas terbaik dan paling banyak di gunakan.