kuliah kelas karyawankuliah kelas karyawan

Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi merupakan harapan semua orang yang baru lulus sekolah menengah. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa langsung kuliah. Ada beberapa dari mereka yang harus bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkan biaya kuliah. Untuk memenuhi harapan para karyawan yang ingin kuliah tersebut, banyak universitas di Indonesia yang menghadirkan kelas karyawan. Berbeda dengan kelas reguler, Anda tetap bisa bekerja jika mengambil kuliah kelas karyawan.

Sama seperti namanya, kelas karyawan yang ditujukan untuk karyawan memiliki waktu kuliah yang fleksibel. Pada umumnya, jam kuliah yang disediakan adalah jam yang tidak produktif seperti sore hari atau akhir pekan. Meskipun sudah menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan namun Anda tetap harus melakukan persiapan jika ingin mengambil kelas karyawan ini. Penasaran apa saja persiapan yang harus dilakukan? Berikut pembahasan selengkapnya:

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Izin dari Orang Tua dan Perusahaan

Setiap menjalani suatu hal termasuk melanjutkan kuliah, Anda harus meminta izin dari orang tua. Jadi mereka bisa paham dan mengerti kesibukan Anda setiap harinya. Selain izin dari orang tua, Anda juga perlu meminta izin dari perusahaan. Pasalnya, Anda masih memiliki tanggung jawab pekerjaan jadi perusahaan berhak tahu bahwa Anda memiliki prioritas lain juga.

Manajemen Waktu yang Baik

Salah satu kunci sukses kuliah kelas karyawan adalah ketika Anda mampu melakukan manajemen waktu dengan baik. Tetaplah fokus pada pekerjaan ketika di kantor, begitu pula sebaliknya jangan memikirkan pekerjaan saat di kampus. Selain itu, Anda juga perlu disiplin dan tekun. Karena sudah mengambil keputusan untuk kuliah sambil kerja maka Anda harus tekun dan serius dalam keduanya. Jangan lelah setelah bekerja sebagai alasan malas-malasan di kampus.

Waktu Luang yang Berkurang

Ketika mengambil kuliah kelas karyawan maka Anda harus siap jika kehilangan banyak waktu luang. Pasalnya, waktu luang yang biasanya Anda gunakan untuk hiburan atau jalan-jalan harus tergantikan dengan mengerjakan tugas atau yang lainnya.

Pola Hidup Sehat

Kesibukan yang tinggi dalam pekerjaan dan perkuliahan bisa saja membuat kesehatan Anda menurun. Oleh sebab itu, sesibuk apapun Anda nantinya mengatur pola hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan lupa untuk makan dengan teratur, minum teratur, serta istirahat.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah menjadi hal penting selanjutnya yang harus Anda persiapkan dengan baik. Pastikan bahwa perkuliahan maupun kebutuhan hidup Anda tidak akan terganggu dengan biaya kuliah di masa depan. Coba cari sumber beasiswa baik itu dari kampus atau perusahaan untuk membantu keuangan Anda.

Target

Menentukan target setelah lulus kuliah ternyata juga penting untuk Anda persiapkan sedini mungkin. Misalnya saja Anda ingin mencari pekerjaan lain yang lebih menjanjikan, mengajukan kenaikan jabatan dengan gelar baru, atau bahkan membuka usaha sendiri. Ketika sudah memiliki target setelah lulus maka Anda akan lebih termotivasi untuk meraihnya.

Itulah berbagai persiapan penting yang harus Anda lakukan sebelum mengambil kuliah kelas karyawan. Kuliah sambil kerja merupakan hal yang sulit dilakukan apabila Anda tidak bisa melakukan persiapan dengan baik. Jangan sampai salah satu dari keduanya gagal hanya karena Anda kurang persiapan. Anda yang berkuliah sambil bekerja pasti ingin kuliah dan pekerjaan sama-sama sukses kan?

Untuk mendukung kesuksesan dalam perkuliahan dan pekerjaan, Anda bisa mengambil kelas karyawan di STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College. Institusi pendidikan ilmu komputer ini memiliki sistem pembelajaran yang mendukung kesuksesan Anda dalam pekerjaan. Pendekatan Real World Project yang digunakan membuat Anda bisa lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Informasi mengenai kelas karyawan di IDS Digital College bisa Anda lihat melalui website resmi ids.ac.id.

By Edukasi