Kenali Tanda Tanda Mau Melahirkan Sebelum Menghadapi Persalinan

0

Mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir), pastinya Anda akan merasakan tanda tanda mau melahirkan bukan? Terlebih jika hal ini merupakan kehamilan pertama dan Anda belum mengetahui tanda-tandanya.

Selain untuk mengantisipasi risiko persalinan yang membahayakan, mengetahui informasi tanda akan melahirkan juga bisa membuat Anda semakin siap menghadapi persalinan. Nah, agar lebih jelas, tanda akan melahirkan berikut bisa menjadi tambahan informasi Anda yang sedang menanti kehadiran si kecil.

tanda tanda mau melahirkan
Tanda tanda mau melahirkan
  • Perut Terasa Lebih Keras

Menjelang masa melahirkan, kepala bayi akan berangsur-angsur turun ke bawah hingga ke panggul. Hal ini akan membuat perut menjadi lebih keras. Selain itu, rasa mulas juga akan sering Anda alami yang dikarenakan perut mengeras dan terasa lebih kencang.

  • Sering Buang Air Kecil

Kandung kemih yang semakin terdesak oleh janin yang berkembang di rahim akan membuatnya tidak bisa menampung volume urin lebih banyak. Hal inilah yang akan membuat Anda ingin buang air kecil. Agar tidak beresiko buruk, hindari menahan keinginan buang air kecil dalam jangka waktu yang panjang ya?

  • Kontraksi Lebih Sering

Anda akan merasakan lebih sering kontraksi menjelang persalinan. Kenali pula tanda kontraksi palsu atau braxton hicks yang mulai Anda alami sejak masuk usia 8 bulan kehamilan. 

Untuk kontraksi yang sebenarnya sendiri lebih cepat durasinya dan biasanya disertai dengan nyeri punggung dan perut kencang yang akan meningkat frekuensinya. Anda bisa membuat catatan mengenai kontraksi yang dialami. Jika kontraksi sudah mulai teratur ritmenya dan semakin cepat, ada baiknya Anda segera menuju tempat pelayanan kesehatan.

  • Sakit Punggung 

Tak hanya perut saja yang terasa kencang dan keras, dorongan bayi menuju mulut rahim juga menyebabkan Anda merasakan sakit punggung. Tanda-tanda mau melahirkan ini perlu Anda ketahui, terlebih jika usia kandungan di bawah 37 minggu yang akan berisiko meningkatkan kelahiran prematur.

  • Keluar Lendir dari Vagina

Ketika mulut rahim mulai menipis dan terbuka, sumbatan lendir yang ada pada mulut rahim akan keluar. Biasanya lendir ini berwarna bening hingga kemerahan karena tercampur darah. Jika sudah keluar lendir yang berwarna merah, ada baiknya Anda langsung menuju tempat pelayanan kesehatan, karena waktu persalinan akan segera tiba.

  • Gerakan Bayi Melambat

Menjelang persalinan, kepala janin akan turun menuju panggul. Inilah yang membuat Anda merasakan gerakan janin menjadi lebih lambat. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena janin hanya bergerak saat mengatur posisi kelahirannya.

  • Pecah Ketuban

Tanda akan melahirkan ini memang tidak semua ibu hamil mengalaminya. Beberapa juga memerlukan perlakuan ketika pembukaan akan lengkap ataupun beberapa jam sebelum proses persalinan. Tetapi, jika Anda mengalami pecah ketuban tetapi tidak merasakan kontraksi yang kuat, ada baiknya Anda langsung menuju tempat pelayanan kesehatan agar ketuban tidak mengering dan berisiko untuk janin.

  • Leher Rahim Membuka

Persalinan yang semakin dekat akan membuat mulut rahim melebar dan menipis. Pada awal fase, pelebaran leher rahim akan terasa lebih lama, bahkan hingga berhari-hari lamanya.

Biasanya dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan dengan memasukkan jari ke dalam vagina untuk menentukan proses pembukaan. Jika 10 jari sudah bisa dimasukkan atau sekitar 10 cm, ini tandanya bukaan sudah lengkap dan proses persalinan akan segera terjadi.

Nah, itulah tanda-tanda mau melahirkan yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda merasakan tanda-tanda di atas segera persiapkan perlengkapan persalinan untuk dibawa ke tempat pelayanan kesehatan ya?.

Leave A Reply

Your email address will not be published.