permainan anak tradisionalpermainan anak tradisional

Ada sangat banyak jenis permainan yang disukai oleh anak-anak. Mulai dari game pada handphone, bermain dengan teman-teman seusianya, atau memiliki imajinasi tinggi dan bermain sendiri di rumah dengan banyak permainan anak. Namun dari semua permainan tersebut yang paling efektif untuk menunjang tumbuh kembang anak adalah permainan anak tradisional bersama teman sebayanya.

Permainan ini adalah jenis permainan yang sering dilakukan oleh anak-anak secara bersama-sama dan mayoritas anak akan sangat menyukai jenis permainan ini. Ada beberapa peraturan yang ada dalam permainan lama ini, sehingga anak tidak hanya bermain namun juga belajar mengenal peraturan dan taat terhadap aturan bermain. Hal seperti ini yang akan melatih anak agar aktif dan selalu cepat tanggap dalam berpikir maupun bertindak.

permainan anak tradisional
permainan anak tradisional

Meskipun saat ini anak lebih banyak mengenal game online daripada permainan anak tradisional namun orang tua bisa mengenalkan permainan ini pada anaknya agar anak bisa melakukannya sendiri bersama teman-temannya.

Ada sangat banyak manfaat jika anak mengetahui permainan tradisional ini, karena selain mengajarkan tentang hidup berdampingan, permainan ini juga sangat baik untuk anak mengembangkan komunikasi dan cara bersosialisasi dengan banyak orang, sehingga anak lebih mahir dalam menggunakan pikirannya.

Selain itu anak juga tidak hanya menggunakan pikirannya saja saat bermain, namun anak juga aktif secara tindakan sehingga anak dapat mengekspresikan dirinya di depan banyak orang. 

Itulah beberapa manfaat anak yang menyukai permainan anak tradisional ada sangat banyak keuntungan anak dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Berbeda dengan anak yang hanya menyukai permainannya sendiri, tidak akan ada interaksi yang efektif di dalamnya, sehingga akan mengurangi pola keaktifan dan kreativitas anak.

Selagi anak belajar banyak hal dari permainannya, orang tua harus menunjang daya aktif dan kreatif anak dengan cara memberikan anak asupan gizi terbaik agar anak dapat berpikir lebih cerdas dan menggunakan semua inderanya dengan baik.

Salah satunya adalah dengan selalu memberikan dancow sebagai sumber gizi terbaik untuk anak, karena dancow terbukti mengandung banyak vitamin, kalsium, asam folat dan masih banyak lagi kandungan baik lainnya. 

By Bisnis