tumbuh kembang bayi

Sebagai orang tua, tentu perlu melakukan upaya untuk membantu si Kecil agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik. Di masa tumbuh kembang bayi, si Kecil akan mengalami penambahan berat dan tinggi badan. Sedangkan perkembangan adalah meningkatnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh si Kecil menjadi lebih kompleks. Seperti bertambahnya kemampuan si Kecil dari berguling menjadi duduk hingga berjalan. 

Proses pertumbuhan anak tergantung oleh berbagai faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kondisi di dalam kandungan, genetik, ras, hormon, dan nutrisi. Sedangkan faktor eksternal seperti pola asuh, kebersihan lingkungan tempat tinggal, waktu bersama keluarga, cuaca, kondisi orang tua dan lain-lain. 

tumbuh kembang bayi
Tumbuh kembang bayi

Nutrisi menjadi salah satu faktor dalam tumbuh kembang bayi yang penting untuk Anda perhatikan. Bayi di usia 0 sampai 6 bulan mendapatkan nutrisi yang baik melalui ASI. Memasuki usia 6 sampai 12 bulan, bayi mulai diberikan makanan padat pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan  nutrisinya. Supaya fungsi tubuh si Kecil optimal, asupan nutrisi harus seimbang. Asupan makanan yang bergizi lengkap akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. 

Nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi perlu mengandung beberapa zat gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Protein memiliki banyak manfaat antara lain memperbaiki fungsi otak, mengoptimalkan pertumbuhan dan memperkuat jaringan tubuh. Karbohidrat berfungsi dalam menghasilkan energi dalam tubuh. 

Lemak merupakan kebutuhan nutrisi anak yang cukup penting karena berfungsi untuk perkembangan otak dan metabolisme tubuh. Beberapa vitamin yang dibutuhkan si Kecil adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Sedangkan beberapa mineral untuk membantu tumbuh kembang si Kecil adalah kalsium, magnesium zat besi, zinc dan selenium.

Jika semua kebutuhan nutrisi anak dapat tercukupi, maka pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan secara optimal. Sudah menjadi tugas setiap orang tua untuk memberikan yang terbaik kepada buah hati dalam tumbuh dan kembangnya. 

CERELAC Bubur Sereal merupakan MPASI instan yang bergizi lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. CERELAC Bubur Sereal diperkaya dengan kandungan 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. CERELAC Bubur Sereal hadir dalam berbagai varian rasa supaya Si Kecil tidak mudah bosan untuk mengonsumsi menu MPASI.

By Bisnis