Inilah Penyebab Pusing Pada Mata yang Tidak Boleh Diabaikan

0

Menurut para ahli, pusing kepala bisa terjadi akibat berbagai macam hal. Salah satunya seperti kondisi pusing pada mata yang ternyata bisa saling berkaitan. Gejala pusing umumnya timbul di area belakang mata. Bahkan, setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini.

Ada cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Nah, bagi Anda yang penasaran, di sini akan kami jelaskan beberapa faktor dan juga tips mencegah dan mengobatinya.

Penyebab Pusing yang Berkaitan dengan Mata

pusing pada mata
Pusing pada mata

Pusing yang berkaitan dengan mata bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari lensa, hingga pada kornea mata yang tidak bekerja dengan baik. Kondisi ini dapat mengakibatkan bayangan yang dibentuk oleh mata kita menjadi tidak fokus.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan pada otot mata kita. Sehingga, timbullah rasa pusing atau sakit di bagian kepala. Selain itu, rasa sakit pada mata yang menjalar pada kepala, bisa saja terjadi karena beberapa faktor berikut:

  • Stres yang berlebihan
  • Kurang istirahat
  • Mata silinder
  • Ukuran kacamata baca dan lensa kontak tidak sesuai
  • Terlalu lama membaca
  • Terlalu lama menggunakan komputer

Kondisi sakit pada bagian kepala yang diakibatkan oleh mata, biasanya akan terasa sakit yang hebat pada bagian belakang mata. Selain itu, rasa sakitnya juga akan disertai dengan rasa terbakar yang terkadang terasa menusuk. Pada beberapa orang, kondisi ini bisa terjadi hingga beberapa hari.

Cara Mengatasi dan Pencegahan

Jika sakit kepala tersebut terjadi akibat kondisi mata, baik itu minus, maupun silinder, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasinya:

1.   Periksa Mata Secara Rutin

Untuk mengobati kondisi-kondisi yang sulit pada mata, sebaiknya Anda datang ke dokter spesialis mata. Dokter akan memeriksa kondisi mata Anda, dan menyimpulkan penyebabnya. Dengan begitu, pengobatan bisa dilakukan secara optimal.

2.   Menggunakan Kacamata

Jika sakit kepala diakibatkan oleh mata minus dan silinder, mulailah untuk menggunakan kacamata. Karena, kacamata akan meredakan sakit yang diakibatkan oleh mata minus dan silinder. Pilihlah jenis kacamata yang cocok dan ideal. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran kacamata yang tepat agar nyaman digunakan.

3.   Pastikan Penerangan Cukup Saat Membaca dan Menulis

Jika Anda hobi membaca maupun menulis, pastikan cahaya di ruangan tempat Anda membaca dan menulis tersebut bagus. Jangan sekali-kali membaca buku dan menulis di ruangan yang kurang cahaya.

Hal ini berlaku juga untuk Anda yang suka menggunakan laptop atau gadget. Pastikan Anda menggunakan perangkat-perangkat tersebut di ruangan yang cukup cahaya. Hindari menggunakan gadget di ruangan yang gelap karena berisiko merusak mata.

4.   Diketahui Jarak Minimum Membaca dan Menulis

Usahakan untuk tidak membaca maupun menulis dalam jarak yang sangat dekat. Jarak minimum untuk melakukan aktivitas tersebut yaitu 40 cm dengan objek yang Anda gunakan.

5.   Mengonsumsi Makanan Bergizi

Ada banyak makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga daging salmon. Beberapa jenis nutrisi yang bagus untuk mata yaitu seperti vitamin A dan D.

6.   Istirahatkan Mata

Jika mata Anda sudah terlalu lelah, sebaiknya hentikan aktivitas di depan laptop atau gadget. Hal ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata Anda agar penglihatan tetap optimal. Dengan mengistirahatkannya, mata Anda akan kembali fresh keesokan harinya.

Itulah beberapa faktor penyebab pusing pada mata. Di atas, kami juga sudah sedikit membahas bagaimana cara menanggulangi dan mencegahnya. Jika kondisi semakin parah, Anda bisa langsung mengunjungi dokter spesialis agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.