Mengetahui proses pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan salah satu tantangan menjadi seorang Mam dan Pap. Melalui pemantauan secara berkala tersebut, Anda bisa mengetahui berbagai perubahan yang terjadi pada Si Kecil. Apabila terjadi keterlambatan proses perkembangan, Anda bisa langsung melakukan penanganan dengan tepat. Lantas apa saja tahap perkembangan anak yang perlu dipantau? Berikut di antaranya:

Tahap Perkembangan Usia 0-12 Bulan

Si Kecil berusia 0-12 bulan memiliki tahap perkembangan sendiri yang perlu Mam perhatikan. Pada usia 1 bulan, anak biasanya memiliki gerakan akibat stimulus dari lingkungannya. Memasuki usia 3-6 bulan, anak mulai bisa menggerakan kepala dan bermain tanga. Di usia 9-12 bulan anak mulai bisa merangkak, berjalan dengan tumpuan, serta menunjuk objek.

Tahap Perkembangan Batita

Pada usia di bawah tiga tahun atau batita, perkembangan kemampuan motoriknya berjalan cukup pesat. Anak bisa berjalan tanpa bantuan, melompat di tempat tertentu, hingga menaiki tangga rendah. Mereka juga mulai mampu memegang dan menggunakan krayon, berbicara pendek, serta mengikuti instruksi.

Tahap Perkembangan Pra Sekolah

Usia pra sekolah dimulai saat anak berumur 3 tahun hingga berumur 5 tahun. Banyak hal yang sudah bisa dilakukan oleh anak pra sekolah seperti memakai baju sendiri, melempar bola, menggambar, berdiri satu kaki, serta berinteraksi dengan teman sebaya.

Tahap Perkembangan Usia Sekolah

Tahap perkembangan anak selanjutnya yaitu memasuki usia sekolah. Anak yang masuk usia sekolah adalah anak berumur 6-12 tahun. Mereka yang masuk usia sekolah sudah mendapatkan kepercayaan diri, memiliki sikap mandiri, tanggung jawab, serta mampu memecahkan sebuah masalah sederhana. Kecenderungan bersikap juga terlihat pada usia sekolah.

Itulah beberapa tahap perkembangan anak yang perlu Mam ketahui. Selain mengetahui tahap perkembangannya, Mam juga perlu memberikan dukungan yang tepat lewat pemenuhan nutrisi dan stimulasi. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan bergizi yang dikonsumsi anak setiap hari. Lengkapi kebutuhan anak dengan susu pertumbuhan Wyeth Nutrition yang terdiri dari dua tahapan. S-26 Procal, S-26 Procal GOLD, dan S-26 Procal ULTIMA adalah susu untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun. Sementara S-26 Promise dan S-26 Promise GOLD adalah susu untuk anak 3 tahun ke atas.