Apakah Anda dan pasangan sedang mempersiapkan sebuah pernikahan dan bingung mencari mahar pernikahan? Memang biasanya, mahar seperti apa sih yang harus diberikan oleh calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita?

Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait mahar pernikahan, Anda perlu mengetahui lebih dulu arti pastinya. Dalam bahasa Indonesia, mahar artinya mas kawin atau shadaq.

Dalam al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imam al-Syâfi’I yang bisa diakses di halaman situs NU, mahar pernikahan adalah harta yang wajib diberikan sang suami kepada sang istri dengan sebab akad nikah.

Di sini disebutkan jika mahar pernikahan hukumnya adalah wajib bagi suami dengan sebab telah sempurnanya akad nikah dan dengan ukuran harta yang telah ditentukan. Jika kedua pihak ingin meniadakan atau tidak menyebutkan, maka kesepakatan tersebut dianggap batal, dan mahar pernikahan tetap wajib.

Dalam Al-Qur’an juga dijelaskan di surat An-Nisa ayat 4 yang berbunyi, “berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian penuh kerelaan.”

Mas kawin atau mahar pernikahan diwajibkan sebagai bentuk kesungguhan niat pria untuk menikahi seorang wanita.

Dalam agama Islam, mahar pernikahan adalah sebuah bentuk yang menunjukkan jika wanita adalah makhluk yang harus dihargai dan juga punya hak untuk memiliki sebuah harta. Namun, seberapa besar nilai minimal dari mahar itu sendiri?

Dikutip dari sumber yang sama, ada dua pendapat yang menyatakan tentang nilai minimal mahar pernikahan. Pertama, ulama sepakat tidak membatasi nilai minimal dan maksimal. Pendapat kedua, sebagian ulama sepakat membatasi nilai minimal mahar dan tidak membatasi nilai maksimalnya.

Jadi, dapat disimpulkan, tidak ada batasan nilai untuk mahar pernikahan. Selama barang tersebut bernilai dan bisa diperjualbelikan maka bisa dijadikan mahar pernikahan.

Dalam Islam, mahar pernikahan yang disiapkan sebaiknya tidak memberatkan kedua pasangan pengantin baik terkait nilai atau bentuk. Umumnya, mahar yang diberikan biasanya berupa perhiasan, uang, dan seperangkat alat shalat.

Namun, calon pengantin pria bisa memberikan mahar pernikahan unik untuk pasangannya selama tidak memberatkan keduanya. Nah, jika Anda sedang mencari ide mahar yang bisa diberikan kepada pasangan, maka Anda bisa coba mempertimbangkan barang-barang di bawah ini!

Ide Mahar Pernikahan Unik

1. Uang Koin

Uang koin logam bisa dijadikan sebuah mahar pernikahan walau memang biasanya uang ini lebih sering dijadikan sebagai sebuah dekorasi. Anda bisa menggunakan uang koin ini untuk mempercantik bingkai foto pernikahan.

Jika ingin lebih berkesan, Anda bisa membuat sketsa wajah bersama pasangan dengan koin yang ditempel dan dibingkai di dalam sebuah pigura cantik. Anda bisa menemukan jasa pengrajin uang koin ini jika merasa kesulitan membuatnya.

2. Uang Dinar

Mahar pernikahan di Indonesia tidak harus diberikan dalam bentuk mata uang rupiah. Anda bisa menggunakan mata uang dinar atau dirham sebagai gantinya. Apalagi dalam agama tidak ditentukan nilai minimal dari suatu mahar.

Selain memberikan kesan unik, mata uang ini memiliki kestabilan di antara mata uang lainnya. Jadi, Anda bisa menyimpannya hingga beberapa puluh tahun dan nilainya akan tetap sama atau bahkan lebih tinggi.

Cara mengemasnya juga sangat mudah, Anda bisa membuatnya menjadi sebuah parsel agar lebih memberikan kesan yang cantik kepada pasangan.

3. Tiket Liburan

Jika Anda dan pasangan adalah orang yang suka berwisata, maka Anda bisa memberikan mahar pernikahan sebuah tiket wisata. Tiket ini juga bisa jadi tiket perjalanan bulan madu dengan pasangan.

Seperangkat tiket wisata atau liburan tentunya bisa membuat Anda dan pasangan menikmati masa-masa awal pernikahan dengan bahagia.

4. Frame Bouquet

Mahar pernikahan ini bisa jadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memberikan kesan kepada pasangan. Anda bisa membentuk uang mahar menjadi bunga dan merangkainya seperti buket. Kombinasi warna-warna pastel dengan mahar pernikahan yang diberikan pasti akan memberikan kesan manis di mata pasangan.

Mahar yang satu ini sangat mudah ditemukan, Anda bisa mencarinya di berbagai online shop Blibli. Jumlah uangnya pun dapat disesuaikan dengan jumlah yang sudah disepakati dengan penjual.

5. Kolase

Mahar pernikahan yang satu ini mungkin terlihat begitu umum dan sederhana untuk diberikan. Namun, akan tetap memberikan kesan manis. Anda bisa membentuk uang kertas yang dijadikan mahar menjadi bentuk yang diinginkan. Bentuk-bentuk yang ditawarkan juga beragam, mulai dari bentuk wayang, bunga, hingga siluet gaun pengantin dengan rok yang dibentuk dari uang kertas. Agar tampilannya lebih manis, biasanya penjual akan menambahkan ornament lain yang dipasang di dalam bingkai agar terlihat lebih cantik.

6. Kosmetik

Mahar pernikahan yang ini tentunya pasti akan disukai oleh pengantin perempuan. Kosmetik yang identik dengan wanita akan membantu pasangan Anda menjaga penampilan dan bisa selalu tampil cantik di depan suaminya. Anda bisa memilih set lengkap kosmetik yang berisi, foundation, maskara, eyeshadow, pensil alis, lipstik, dan lainnya.

7. Terrarium

Hiasan di dalam kotak kaca atau yang biasa disebut Terrarium bisa jadi ide mahar pernikahan yang unik. Mahar pernikahan ini tidak hanya cantik, namun juga terkesan elegan untuk pasangan. Anda bisa menyelipkan uang mahar atau cincin di dalam dekorasinya agar menjadi lebih berharga.

Itulah beberapa rekomendasi atau ide mahar pernikahan yang dapat Anda berikan kepada pasangan. Mana yang akan menjadi pilihan Anda dan pasangan?

By Bisnis