Malnutrisi dan Penyebabnya

0

Ketika tubuh kekurangan dan tidak mendapatkan cukup nutrisi maka bisa saja terjadi malnutrisi. Ini terjadi karena banyak faktor penyebab, seperti pola makan yang tidak tepat, kondisi pencernaan yang kurang baik, diet yang salah dan buruk, atau karena penyakit lain.

Akibat dari malnutrisi, pertumbuhan jadi lambat, otot jadi lemas, dan penurunan berat badan. Bisa juga terjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dan penggunaannya.

Faktor-faktor Penyebab Kekurangan Nutrisi

malnutrisi
malnutrisi

(source:https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/assets/uploads/2019/02/e11a03d98e40890600ef9d410a9ce642.jpg)

1. Keterbatasan bahan pangan.

Keterbatasan bahan pangan ini bisa disebabkan karena terisolasinya suatu wilayah, atau tidak bervariasinya makanan yang dikonsumsi. Misal jika pada anak hanya menyukai satu jenis makanan saja.

2. Kurangnya pengetahuan akan  gizi dan cara pengolahan makanan.

Banyak cara untuk mengetahui cara pengolahan makanan,misal dengan membaca informasi yang terselip dalam kemasan suatu produk, seperti resep makanan, tips kesehatan, serta tata cara hidup sehat yang diberikan oleh petugas kesehatan atau posyandu.

3. Gangguan Mental.

Penderita gangguan mental juga beresiko, ini karena pola makan penderita tidak teratur, juga karena kurangnya pengawasan pola makannya pun sembarangan.

4. Anoreksia Nervousa dan Bulimia.

Ini ada yang menyatakan sakit mental, syidrom takut menjadi gemuk. Padahal dirinya sudah kurus dan kering. Jadi asupan nutrisi dalam tubuhnya kurang karena penderita menghindari makan. Bulimia juga hampir serupa, namun masih mau makan namun  setelahnya, makanannya dikeluarkan lagi. 

Kekurangan malnutrisi, juga bisa berakibat stunting, yaitu kekerdilan, dan washing, kekurangan berat badan. 

Banyak pilihan makanan kemasan sebenarnya jika kita mau, yang bisa kita berikan pada anak kita tanpa takut kekurangan takaran asupannya. Banyak produk sehat itu, diantaranya diproduksi oleh Nestle. Selain itu, keanekaragaman produk pangan dinegeri ini sangat melimpah. Tidak seharusnya terjadi kurang gizi atau malnutrisi.

Mungkin perlu ditingkatkan lagi edukasi pada masyarakat tentang perlunya gizi seimbang. Juga perlunya menumbuhkan kesadaran akan makanan yang seimbang, seperti empat sehat lima sempurna. Untuk menumbuhkan kesadaran itu perlu dukungan semua, tidak hanya pemerintah saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.