digital performancedigital performance

Perkembangan internet yang sangat cepat mempengaruhi kebiasaan dan perilaku calon konsumen. Hal tersebut akhirnya menuntut perusahaan untuk mengikuti perkembangan zaman. Dalam digital marketing, Anda mungkin akan mengenal yang namanya digital performance marketing atau juga sering disebut performance marketing.

Performance marketing merupakan kampanye pemasaran online yang menggunakan iklan berbayar di platform tertentu. Meskipun berbayar, namun banyak keunggulannya sehingga digunakan oleh banyak pebisnis. Beberapa keunggulannya yaitu pencapaian target lebih cepat, bayar sesuai keberhasilan, diversifikasi sumber penghasilan, dan lain-lain.

Ada beberapa jenis performance marketing yang paling sering digunakan pebisnis. Sebelum menentukannya, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya berikut ini:

Iklan Display

Jenis performance marketing yang pertama adalah iklan display. Jenis iklan ini pada umumnya menggunakan elemen visual seperti banner. Nanti akan ada copy dan tautan yang dihubungkan ke laman website pengguna sehingga pengunjung bisa dikonversi menjadi pembeli.

Melalui platform periklanan seperti Google Ads, Anda bisa menargetkan pada pengguna spesifik. Pengguna tersebut bisa dipilih berdasarkan aktivitas online, minat, dan demografi. Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang melakukan klik iklan, menjadi pembeli, atau melakukan tindakan lain yang telah dipilih saat mendaftar.

Iklan Media Sosial

Iklan media sosial tentu saja bukan hal yang asing lagi bagi pelaku bisnis online. Pasalnya jenis iklan ini termasuk iklan yang sangat populer. Alasannya karena pengguna media sosial sangat banyak sehingga jangkauan audiens juga lebih luas.

Ada banyak pilihan format iklan, opsi penargetan, maupun model pembayaran yang ditawarkan. Anda bisa menentukan audiens seperti apa yang diinginkan dari iklan ini. Meskipun pengguna media sosial tidak mengikuti akun Anda, tapi akun Anda bisa berada di beranda atau feed mereka. Beberapa contoh iklan media sosial yaitu Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, dan lain sebagainya.

digital performance
digital performance

Iklan Mesin Pencari

Mesin pencari atau search engine masih menjadi layanan utama bagi pengguna internet untuk mencari apa yang mereka inginkan. Oleh sebab itu, iklan mesin pencari menjadi jenis performance marketing yang sangat populer. Melalui iklan mesin pencari, Anda bisa meningkatkan visibilitas bisnis secara online secara lebih mudah. 

Hasil dari iklan mesin pencari bisa Anda lihat di bagian atas halaman hasil pencarian (SERP). Kebanyakan saat ini berupa teks, namun di masa datang mungkin akan ada jenis-jenis lainnya. Website yang menggunakan iklan mesin pencari ada tulisannya “Ad” di SERP (search engine result page)

Afiliasi

Pemasaran afiliasi ternyata juga termasuk performance marketing. Pasalnya Anda akan membayar apabila terjadi pembelian. Jenis pemasaran satu ini merupakan jenis pemasaran yang akhir-akhir ini sangat populer karena dinilai terjangkau untuk semua jenis bisnis. 

Para affiliate akan mempromosikan produk bisnis Anda melalui link. Jika ada yang membeli melalui link tersebut, maka mereka bisa mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan awal. Biasanya besar komisinya sesuai dengan nilai produk yang berhasil dijual.

Konten Sponsor

Jenis performance marketing terakhir yang paling populer adalah konten sponsor. Konten sponsor sendiri merupakan kombinasi dari dua jenis pemasaran yaitu periklanan online dan pemasaran konten. Anda membutuhkan konten seperti artikel, blog, video, dan lain-lain. Pemilik web atau channel biasanya akan menambahkan sponsored. Sponsor akan membayar jika ada yang klik tautan, melakukan pembelian, dan menggunakan kode kupon yang telah disebutkan di konten.

Itulah 5 jenis digital performance marketing yang bisa Anda pilih. Karena berbayar, Anda harus melakukan pertimbangan dengan baik untuk mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang efisien. Diginet sebagai agensi digital akan membantu Anda melakukan pemasaran digital sesuai kebutuhan. Langsung hubungi tim Diginet untuk konsultasi melalui website resmi dari Diginet