Belajar FilmBelajar Film

Anda tidak usah bingung jika ingin belajar film. Sederhana sekali sebenarnya, apakah Anda pernah mendapat tugas kuliah atau tugas kerja untuk membuat film? Apakah Anda kebingungan saat menerima tugas tersebut? Nah, berikut ini adalah beberapa cara membuat film paling mudah dan sederhana untuk pemula:

Belajar Film
Belajar Film
  • Tentukan Tema Beserta Skenario

Untuk membuat karya termasuk karya film, langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah tema. Anda bisa mencari tema menarik dengan mencari ide di internet atau mengembangkan ide Anda sendiri. Tema yang menarik tentu akan menjadi pondasi kuat untuk Anda yang berharap film Anda menarik dan sesuai keinginan. Setelah tema terbentuk, Anda perlu membuat skenario atau alur film yang akan Anda ambil. Lengkapi skenario tersebut dengan dialog dialog yang akan disampaikan di dalam film

  • Sediakan Kamera

Salah satu piranti wajib yang harus Anda siapkan untuk belajar film adalah kamera. Karena artikel ini bertema pembuatan film sederhana, maka Anda tidak perlu membeli kamera dslr atau kamera profesional lain yang terlalu mahal. Apalagi saat ini kamera hp pun telah memiliki kualitas yang cukup bagus untuk membuat sebuah film sederhana. Paling tidak kamera hp Anda memiliki minimal 8 mega pixel

  • Setting Tempat

Pembuatan karya film juga memerlukan pemilihan latar tempat yang baik dan memang sesuai dengan tema film. Misalnya tema tentang persahabatan, Anda bisa mengambil setting di kafe atau tempat hits lain yang ada di kota Anda.

  • Editing Video

Tahap akhir dalam pembuatan film adalah editing video. Edit video akan menentukan apakah film tersebut bagus atau tidak. Anda bisa mengedit video baik dengan smartphone atau lebih bagus jika menggunakan pc. Jika menggunakan smartphone sebagai media editing, Anda dapat menggunakan aplikasi viva video atau aplikasi lain yang dapat Anda temukan di Playstore. Sedangkan untuk lebih profesional, Anda dapat menggunakan After Effect, Adobe Premer Pro, atau yang paling mudah untuk digunakan adalah Movie Maker.

Cara belajar film dari menentukan tema, menyiapkan skenario, menyediakan perlengkapan, setting tempat hingga editing video perlu Anda lakukan dengan baik. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat mencoba berbagai tutorial dasar yang tersedia di Youtube.

By Edukasi