kuliah animasikuliah animasi

Untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan, kenapa tidak kuliah animasi saja? Kemampuan animasi dan desain sangat banyak dibutuhkan saat ini. Apalagi pembelajaran daring masih berlanjut karena efek pandemi. Mulai dari lini bisnis, hiburan hingga pendidikan, sebagian besar masih dilakukan secara daring. Artinya kebutuhan akan animator masih sangat banyak. 

Mengenal Jurusan Kuliah Animasi

Jurusan kuliah animasi adalah bagian dari program studi Desain Komunikasi Visual. Pada beberapa perguruan tinggi bisa juga berdiri sebagai program studi sendiri. Jurusan ini secara umum terbagi dua yaitu animasi film dan animasi game (animasi interaktif). Secara umum kamu akan belajar bagaimana membuat karakter dua dan tiga gimensi, special effects, story board, bahkan skenarionya. 

Kamu juga akan diajarkan untuk memberikan sound effect, memasarkan dan mendistribusikan hasil karya animasimu, dan keahlian lainnya. Untuk kamu yang tekun, teliti suka menggambar dan menikmati karya animasi serta bisa bekerja dalam tim, jurusan ini cocok untukmu. Berikut 5 alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan animasi. 

kuliah animasi

Peluang kerja sangat luas, baik di perusahaan ataupun bekerja mandiri

Kelak sebagai lulusan jurusan animasi kamu bisa berkarir di banyak bidang. Misalnya menjadi concept art yang berperan penting dalam referensi visual sebelum dijadikan 3D. Selain itu, kmau juga bisa menjadi storyboard artist, animator keyframe, perancang game, background painter, sutradara film animasi, dan lain-lain.

Dapat diaplikasikan di berbagai bidang

Animasi tidak hanya diperlukan di ranah perfilman dan digital art saja. Ilmu kamu juga diperlukan di bidang pendidikan. Sebagai pelengkap media belajar daring, misalnya. Atau di bidang advertising dan marketing.

Peluang kerja dengan penghasilan tinggi

Bekerja di studio animasi menjanjikan penghasilan yang tinggi. Apalagi kalau kamu berhasil bekerja di luar negeri. Sudah banyak kok animator Indonesia yang berkiprah di studio animasi terkemuka di berbagai belahan dunia.

Jumlah animator di Indonesia masih terbatas

Jumlah animator di Indonesia tidak banyak, padahal permintaan untuk biasa animasi semakin meningkat. Hal ini tentu adalah peluang besar untuk kamu.

Bukan hanya kuliah, tapi juga menyalurkan hobi

Terutama untuk kamu yang hobi menggambar, menyukai komik dan film animasi, atau suka storytelling,jurusan animasi adalah pilihan tepat. Dijamin kamu tidak akan bosan karena kuliah di jurusan ini seperti belajar sambil menyalurkan hobi.

IDS Sebagai Tempat Kuliah Animasi Terbaik

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan animasi adalah IDS atau Indonesia Design School. IDS beralamat di Jl. Kemang Timur XI, Gg. Melati No. 9, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sekolah yang keren ini bukan hanya menyediakan sarana dan prasarana lengkap untuk belajar animasi. Tapi juga berbagai program yang akan menunjang pembelajaran hingga menjadi animator handal. Seperti:

  • Berbagai workshop dan kursus. Seperti workshop penulisan skenario, dasar-dasar akting, motion graphic, dll.
  • Kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, sehingga kamu berkesempatan belajar di luar negeri dan mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi tersebut. Saat ini IDS bekerja sama dengan JMC Academy dan Griffith University,dalam program International Pathway. 
  • Corporate training. Dimana para pelaku bisnis di industri animasi dapat mendaftarkan pegawainya dalam program kuliah yang fleksibel. Materi studi dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dengan output yang relevan dengan dunia bisnis saat ini.

IDS memiliki dosen-dosen handal yang tidak hanya mumpuni di bidangnya, tapi juga berpengalaman di industri digital secara langsung. bersama mereka, kamu tidak hanya akan dijejali dengan teori-teori tapi akan dibimbing langsung dalam praktiknya. Selain itu IDS melengkapi kampusnya dengan sarana terbaik untuk menunjang perkembangan belajarmu.

Nah, jadi jika kamu memang menyukai dunia digital dan animasi serta ingin kuliah animasi, IDS adalah pilihan terbaik. Jangan ragu untuk mengunjungi situs resminya di www.idseducation.com agar kamu mendapatkan informasi lengkap tentang kampus keren ini.

By Bisnis