tips cantik

Di dunia di mana produk kecantikan terus-menerus dibombardir melalui iklan dan media sosial, terkadang yang terbaik adalah mengurangi kebisingan, meletakkan dompet kita, dan mencoba mempraktikkan perawatan kecantikan yang lebih aman dan bermanfaat secara alami. Simak artikel berikut tentang tips cantik dalam islam. 

Dalam Islam, diajarkan untuk menghargai keindahan dan merawat diri sendiri. Itulah mengapa kita dapat melihat beberapa cara paling alami untuk mempercantik diri dengan menggunakan tips dari Sunnah dan masa lalu yang cepat dan mudah. 

1) Siwak (siwak)

Menggunakan siwak adalah Sunnah dalam Islam karena bertindak sebagai sikat gigi herbal alami. Ini biasanya berbentuk tongkat kecil berwarna coklat muda, yang langsung dioleskan pada gigi. Dengan menggigit dan mengunyah pada salah satu ujungnya, ia memisahkan serat dan membentuk tekstur seperti sikat, yang memungkinkan sifat kimia kayu dilepaskan dan diserap.

Menurut Nabi Muhammad (SAW) oleh Ibn Qayyim Al-Jawzijja, ketika digunakan dalam jumlah sedang, membantu membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, menyegarkan nafas, bersama dengan banyak manfaat lain yang dibuktikan oleh para ilmuwan modern, seperti membunuh kuman dan bakteri. Beberapa penelitian mengatakan lebih baik untuk beberapa siwak dicuci sebelum dan sesudah digunakan, dan untuk ujung sikat dipotong sesekali.

2) Kohl

Kohl adalah jenis eyeliner yang berbentuk bubuk halus berwarna gelap, yang diaplikasikan biasanya di permukaan bagian dalam kelopak mata. Mengenakannya adalah sunnah yang tidak diperhatikan baik pria maupun wanita dan digunakan sebagai perhiasan umum. Secara mengejutkan memiliki manfaat medis yang dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern juga.

Seperti Nabi Muhammad (SAW) dilaporkan telah mengatakan “Terapkan antimon (kohl), untuk membantu mencerahkan penglihatan mata dan meningkatkan pertumbuhan bulu mata”.

-(Al-Tirmidzi 2048)

Kohl biasanya dijual di dalam lubang kecil dan diaplikasikan dengan tongkat dengan ujung membulat. Untuk mengaplikasikannya secara tradisional, seseorang harus membasahi tongkat dengan air, minyak zaitun atau air mawar sebelum mencelupkannya ke dalam panci kohl. Saat dicelupkan, kibaskan kelebihan bedak dan mulailah mengoleskannya pada kelopak mata yang sedikit tertutup. Pastikan untuk mengoleskan kembali bedak sebelum mengaplikasikannya ke mata yang lain untuk memastikan kedua mata memiliki jumlah yang sama. Ketika prosesnya selesai, akar kelopak mata di dekat area bulu mata akan tampak jauh lebih gelap tanpa ruang putih yang terlihat.

Saat ini, alih-alih tongkat, beberapa orang menerapkannya dengan kuas mata sederhana. Juga sangat disarankan bahwa jika seseorang memakai lensa kontak dan ingin mengaplikasikan kohl, maka mereka harus mengoleskan kohl sebelum mengaplikasikan lensa mereka.

 

3) pacar

Henna adalah bentuk hiasan tubuh yang berbentuk sejenis pasta. Itu terbuat dari daun tanaman pacar, yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk halus, kemudian dibuat menjadi bahan seperti pasta. Ini kemudian diterapkan menggunakan botol aplikator atau kerucut Mylar yang terlihat mirip dengan tas kue kecil, dan digunakan untuk menghias kulit dalam semua jenis desain. Pasta tersebut menodai lapisan atas kulit dalam warna coklat atau oranye, dan memudar secara bertahap hingga 1 hingga 3 minggu.

Orang-orang telah menggunakan pacar selama lebih dari 5000 tahun dan masih menggunakannya sampai sekarang tidak hanya untuk menghias kulit mereka secara alami, tetapi juga untuk mewarnai rambut dan kuku mereka. Henna memungkinkan untuk kulit kenyal, memperkuat kuku, dan rambut kondisi dalam. Ini adalah bentuk kecantikan yang telah populer selama beberapa dekade.

tips cantik
tips cantik

4) Wudhu (wudhu)

Salah satu bentuk kemaslahatan diri yang paling sederhana dan tanpa disadari adalah berwudhu. Pada dasarnya adalah membasuh bagian tubuh tertentu dengan menggunakan air sebelum shalat. Dalam Sunnah, disarankan untuk tidak hanya berwudhu untuk sholat tetapi juga sebelum tidur, membaca Al-Quran dan secara teratur kapan pun kita bisa.

Manfaat wudhu juga terbukti secara ilmiah. Ini memberikan kontribusi besar untuk menjaga kesehatan individu tetap utuh. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Membersihkan kulit secara mendalam dan membuatnya tetap bercahaya.

Dalam pandangan Islam, wajah yang sering dibersihkan dengan wudhu dianggap memancarkan cahaya yang menghasilkan cahaya alami.

  • Membantu mencegah mikroba dan penyakit berbahaya di hidung.

Membiarkan air masuk ke lubang hidung saat wudhu mencegah kuman dan debu yang terperangkap di dalamnya masuk ke dalam tubuh. Mencuci hidung selama wudhu dikonfirmasi setelah penyelidikan mikroskopis, memungkinkan orang untuk memiliki paparan mikroba berbahaya yang jauh lebih sedikit daripada orang yang tidak melakukannya.

  • Membantu mencegah penyakit sistematis

Membilas mulut dalam wudhu secara teratur menghilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut dan membantu mencegah bau mulut. Ini membantu secara besar-besaran dalam mencegah kesehatan mulut seseorang. Menurut penelitian terbaru, ada hubungan langsung antara kurangnya kebersihan mulut dan penyakit sistematis, itulah sebabnya berkumur dalam wudhu secara teratur bertindak sebagai penghalang terhadap penyakit ini.

5) Meminyaki Rambut

Minyak alami yang digunakan ini bisa misalnya Minyak Zaitun, Minyak Kelapa, dan Minyak Biji Delima.

Tindakan meminyaki rambut merupakan hal yang biasa dilakukan Rasulullah SAW agar rambutnya tetap sehat. Diriwayatkan dalam sebuah hadits:

“Saya mendengar Jabir bin Samurah ditanya tentang uban Nabi [SAW]. Dia berkata: ‘Jika dia mengoleskan minyak di kepalanya, mereka tidak bisa dilihat, tetapi jika dia tidak mengoleskan minyak di kepalanya, mereka bisa terlihat.’”

– (An-Nasa’i, Hadits 75)

Meminyaki rambut secara teratur juga telah terbukti secara ilmiah membantu mencegah rambut rontok dan beruban, memberikan rambut yang indah dengan memperkuat protein rambut, serta meremajakan dan menenangkan pikiran dengan menenangkan saraf otak dan kapiler. Untuk hasil terbaik, hangatkan minyak sebelum mengoleskan dan tahan selama beberapa jam (semakin lama, semakin baik).

6) Tersenyum Lebih Banyak!

Meski terdengar klise dan generik, tersenyum benar-benar cara tercepat dan termudah untuk mempercantik diri karena tidak dapat disangkal manfaatnya yang bermanfaat. Menurut beberapa penelitian, tersenyum memberikan banyak manfaat bagi otak, tubuh, dan juga orang-orang di sekitar kita. Bahkan dalam Islam, tersenyum pada orang lain sangat dianjurkan dan merupakan Sunnah yang sederhana dan tidak diperhatikan, karena tidak ada yang lebih indah dan menenangkan daripada wajah yang memancarkan keramahan dan kepositifan.